Jumat, 09 Mei 2008

IADM

RESUME IADM (CUT OFF POINT)

· AHP sangat disarankan karena kemampuannya untuk mengatasi kriteria kualitatif dan kuantitatif. Sehingga adanya kemudahan unuk manajer-manajer operasional

· Struktur Permasalahan yang hirarki dapat menggambarkan kepada tim evaluasi tentang permasalahan secara sistematis dengan adanya criteria dan sub-kriteria.

· Agar kriteria sesuai dengan kebutuhan perusahaan pemilihan kriteria tersebut harus berdasarkan masukan dari beberapa pegawai

· Dalam penyusunan kriteria kadang terdapat kriteria-kriteria yang tidak penting sehingga dapat membuat lebih sulit pembuatan keputusan tanpa menambah kualitas keputusan tersebut. Karena terlalu banyak kriteria akan menyebabkan perbandingan berpasangan menjadi sulit dan lebih menyita waktu. Sehingga perlu dilakukan “Cut Off Point” atau metode lain yang bisa mengurangi kriteria. Misalnya dengan “Five Point of scale” atau “delphy method”

· AHP proses terdiri dari 4 tahap yaitu; menjelaskan secara struktural masalah pembuatan keputusan, penilaian dan pengumpulan data, tentukan bobot masing-masing, merujuk pada menemukan pemecahan masalah.

· Ada 5 saran dalam membuat hirarki:

(a) Tentukan tujuan keseluruhan, apa yang akan dicapai? Apa pertanyaan utama?

(b) Tentukan sub tujuan. Apa faktor strategis untuk mencapai tujuan keseluruhan?

(c) Tentukan kriteria yang harus dipenuhi untuk mencapai sub tujuan.

(d) Tentukan Sub kriteria didalam usaha mencapai kriteria

(e) Tentukan alternative-alternatif berbeda yang harus dibandingkan.

· Tujuan dari Metode AHP adalah untuk menciptakan sebanyak mungkin perbaikan yang dibutuhkan untuk masalah spesifik tersebut, dan untuk mengukur nilai setiap perbaikan-perbaikan baru.

· Didalam AHP kadang penilai tidak menilai dengan akal rasio saja namun sering juga menggunakan perasaan/intuisi sehingga terdapat kemungkinan adanya ketidak konsistensian dalam melakukan suatu penilaian. Namun menurut SAATY tingkat ketidak konsistesian jika masih dibawah 0,10 maka penilaian tersebut masih dianggap konsisten.

Kelebihan dari AHP

1. AHP sangat disarankan karena kemampuannya untuk mengatasi kriteria kualitatif dan kuantitatif. Sehingga adanya kemudahan unuk manajer-manajer operasional

2. Memudahkan pembuat keputusan dapat memeriksa alternative-alternatif berbeda dengan membandingkannya dengan kriteria-kriteria yang layak dan tersusun secara sistematis dan terdapat hirarki permasalah.

3. Mengurangi resiko kesalahan pemilihan keputusan

Kekurangan dari AHP

1. Jika kriteria banyak maka akan mempersulit melakukan perbandingan berpasangan dan memakan waktu lebih lama.

2. Kesalahan dalam memperoleh responden yang tidak relevan akan mempengaruhi nilai faktor/kriteria yang akan di cut off.

3. Tidak akan memiliki nilai kepercayaan yang baik jika dilakukan oleh 1 orang.

Tidak ada komentar: