Jumat, 09 Mei 2008

Jawaban UTS e-bisnis

JAWABAN UTS ~ ELECTRONIC BUSINESS

DOSEN : DIDIT DAMUROCHMAN, ST.,MT

1

Dalam perkuliahan Electronic Business ini saya menjadi mengenal sejarah internet, istilah-istilah IT baru yang terdapat pada aplikasi dan program-program yang dapat mendukung dan menunjang pencarian bisnis, dan dengan internet dapat mempercepat perolehan informasi yang berguna dalam pencarian barang (referensi) dan saya juga mendapat perluasan pengetahuan tentang internet yang membuka mata dan menantang inspirasi apa yang bisa saya lakukan untuk dapat lebih mengenal dunia baru ini yang belum lama saya kenal.

2

Setelah mengikuti perkuliahan ini saya baru mengetahui ternyata berbisnis dengan fasilitas internet ternyata tidak serumit yang saya kira, ternyata relative mudah hanya saja yang menjadi masalah adalah bagaimana cara memelihara ( maintenance ) yang harus konsisten dan harus penuh dengan inovasi-inovasi yang bisa menarik konsumen khususnya pembeli e-bisnis. Dengan diajarkannya penggunaan fasilitas yahoo adward dan analytic membantu dan menunjang evaluasi e-bisnis.

3

Kepercayaan menjadi sangat penting di e-bisnis karena barang yang kita pesan tidak dapat kita sentuh, merasakan, dan memastikan bentuk, warna, ukuran, secara nyata sebelum membeli suatu barang atau bersifat maya (digital) saja, sehingga mungkin muncul pikiran apakah barang tersebut asli, atau mungkin rusak dan bagaimana kita meng-klaim barang yang kita dapat telah rusak dan amankah penggunaan nomor kartu kredit yang kita berikan ke perusahaan online tersebut. Oleh karena itu kepercayaan itu bersifat sangat penting. Ukuran kepercayaan pada e-bisnis organisasi adalah jika organisasi kita dipercaya maka para pembeli akan tidak segan atau takut untuk melakukan pembelian online. Amazon atau ebay (yahoo) memberikan jaminan keamanan dengan menggunakan teknologi enkripsi atau pengacakan nomor kartu kredit kita sebelum sampai ke perusahaan online tersebut, biasanya salah satu ciri memasuki situs web yang dilindungi dengan teknologi enkripsi ini alamat URL dimulai dengan https bukan http dan pengiriman barang sampai ke tujuan.

4

e-commerce merupakan bagian penting pada e-bisnis dikarenakan e-commerce merupakan ujung tombak dari perusahaan untuk mendapatkan penghasilan (penjualan/sales). Dan pada saat sekarang para konsumen lebih menginginkan segala sesuatu yang multifungsi atau “pa-lu ga-da” ( apa lu mau gua ada) jadi dalam e-bisnis penyatuan berbagai layanan yang diperlukan konsumen dan jumlah pengguna internet yang masuk pada web /situs perusahaan adalah merupakan bakal / calon konsumen dengan kata lain merupakan peluang terjadinya penjualan, sehingga dimanapun dan kapanpun terdapat kemungkinan terjadi penjualan dengan menggunakan teknologi mobile / wireless yang dapat online ke situs e-bisnis tersebut. Halangan di Indonesia dalam e-bisnis adalah masih adanya kultur konsumen yang lebih menyukai pembelian face-to-face dengan melihat, dan meraba langsung barang yang akan dibeli, serta perlunya penggunaan keywords yang baik sehingga memudahkan pencarian atau ditemukannya situs e-bisnis tersebut, atau penggunaan fasilitas di Yahoo / google agar situs e-bisnis tersebut mudah untuk ditemukan.

5

ERP menjadi tulang punggung dari operasi e-bisnis dikarenakan didalam e-bisnis semua proses yang terdapat di perusahaan haruslah terkoneksi dan terintegrasi ini disebabkan karena transaksi bersifat digital dan transaksi tersebut begitu terjadi harus sudah muncul di bagian produksi, keuangan, dan fungsi lain yang terkait. Sehingga menjadi suatu siklus atau system yang akan berjalan secara cepat. Dimana didalam e-bisnis ketepatan waktu adalah suatu hal yang sangat penting sehingga proses transfer informasi haruslah cepat dan terintegrasi.

Tidak ada komentar: